Monday, September 30, 2013

Melakukan Konfigurasi Web Proxy Di Mikrotik

Asslamualaikum wr, wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial “Konfigurasi Web Proxy Di Mikrotik”.

1. Pertama seperti biasa kita koneksikan dahulu  mikrotik kita dengan internet. Jika sudah terkoneksi, buka situs ww.whatismyip.com. Situs ini berguna untuk mengecek apakah mikrotik kita memiliki proxy atau tidak. Jika belum maka kita perlu menyeting web proxy di mikrotik.
2. Buka winbox  dengan menggunakan MAC Address.
3. Kemudian pilih menu IP -> Web Proxy, pada General beri tanda centang pada opsi Enabled, lalu pada Port isi dengan 8080, dan pada Cache Administrator diganti dengan e-mail admin masing-masing contoh (saya_ok@yahoo.com), pada Max. Cache Size pilih “unlimited” dan diberi tanda centang pada “Cache On Disk”, kemudian Aplly dan Ok.
4. Untuk Redirectnya dapat tambahkan NAT->IP baru yang mengarah ke proxy di IP->Firewall->NAT. Tambahkan NAT baru. Pada tab General, isikan Chain : dstnat, Protocol : “6(tcp)”, Dst.Port : “80”. Pada tab Action isikan menjadi  “redirect”, dan pada To Ports isi dengan  “8080”. Kemudian Apply dan Oke.
5. Setelah itu buka browser lagi, bersihkan history terlebih dahulu. Kemudian buka kembali situs whatismyip.com. Jika  terbuka akan tampak tulisan Proxy Detected,  menandakan bahwa kita sudah berhasil menyeting web proxy pada mikrotik. Yang kita buat ini adalah Transparent Proxy. Jika kita membuka situs lain, misalnya www.detik.com, maka pertama kali dibuka halaman situs ini akan terasa berat. Tetapi karena kita sudah menyeting proxynya maka situs ini bisa terbuka dengan lebih cepat jika dibuka untuk kedua kalinya, dikarenakan situs ini sudah tersimpan dalam bentuk cache di browser kita.
Jika kita ingin memblokir suatu situs tertentu, ikuti langkah berikut
1. Buka Winbox, ke menu IP->Web Proxy, pada tab General, pilih menu Access, lalu tambahkan New Web Proxy Rule, pada Dst.Host isikan alamat website yang ingin di blok (misalnya www.detik.com), Action : deny. Kemudian Apply dan Ok.
2. Buka browser,  hapus semua historynya. Kemudian buka kembali www.detik.com, bisa dipastikan situs tersebut tidak akan bisa dibuka, karena telah ditutup oleh proxy yang kita buat tadi.
3. Jika ingin memblok situs yang lain maka bisa dengan cara dibelokkan. Caranya  buka menu Ip->Web Proxy, pada tab General, carilah menu Access. Tambahkan New Web Proxy Rule pada tombol Ì, pada Dst.Host isikan (misalnya) www.yahoo.com, dengan Action : deny. Karena kita ingin membelokkan situs tersebut ketika dibuka, dan mengarahkannya ke situs lain, maka isikan Redirect To : www.google.com. Apply dan Ok.
4. Coba kembali buka browser dan bersihkan historynya. Lalu buka www.yahoo.com, maka secara otomatis situs tersebut akan dibelokkan ke situs www.google.com.
5. Langkah lain bisa menggunakan extensi atau path di New Web Proxy Rule, pada menu Path : *mp3, Action : deny, maka ektensi *mp3 ini tidak akan bisa didownload. Kita buka menu Comment dan isikan MP3 untuk memblokir semua file berektensi mp3.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara “Melakukan Konfigurasi Web Proxy Di Mikrotik“ .Jika masih ada kata-kata saya yang kurang saya minta maaf.
Wasslamualaikum wr, wb.


No comments:

Post a Comment

Melakukan Konfigurasi Web Proxy Di Mikrotik Asslamualaikum wr, wb. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial “Konf...