Friday, September 20, 2013

Konfigurasi Hotspot Dengan Mikrotik RB751U


topologi+jaringan.JPG (320×230)


Pada gambar di atas Ether1 di koneksikan ke modem ,Wlan1 ke Hotspot dengan IP 192.168.3.1/24 

Alat-alat yang digunakan 
1. MikroTik RB751
2. Modem ADSL (IP DHCP sudah didapatkan secara otomatis)
3. Kabel UTP
4. Laptop / PC (Remote dan Uji Koneksi )

Langkah-langkah : 

Konfigurasi Awal
  1. Yang pertama buka aplikasi WinBox, kemudian gunakan MAC Address . User login, yaitu admin, untuk passwordnya di kosongkan saja lalu connect.
  2. Setelah masuk ke dalam mikrotik buka “New Terminal”, kemudian masukan perintah system reset-configuration setelah itu tekan tombol y, tunggu hingga ter-disconnect (perintah ini di gunakan untuk mereset semua konfigurasi yang ada di dalamnya kembali ke settingan defaultnya) .kemudian Connect lagi ke WinBox.
  3. Setelah terkoneksi kembali ,kita akan mensetting secara manual dengan cara klik Remove Configuration. Mikrotik secara otomatis akan kembali putus, kemudian silahkan di koneksikan kembali.
  4. Setelah masuk ke dalam winbox, silahkan ke menu Interface untuk mengetahui nama masing-masing port. Pada ether1 akan di koneksikan dengan modem dan ,biar lebih mudah menghafalnya bisa di beri nama ether1-modemUntuk wlan1 di enablekan untuk hotspotnya dan di beri nama wlan1-hotspot
  5. Selanjutnya request ip DHCP mikrotik dari modem dengan klick menu IP ,DHCP Client, add(+) interface->ether1-modem kemudian di apply ,okPastikan mendapatkan IP dari modem.
  6. Jika sudah berhasil tambahkan ip address pada hotspot ke menu IP ,Addres, seperti tadi yang ada di topologi, yaitu 192.168.3.1/24 ethernetnya wlan1-hotspot di apply ,ok.
  7. Setelah itu tambahkan IP DNS ke menu IP ,DNS, masukan IP 202.134.1.10 . Kemudian izinkan client request DNS menggunakan IP Gateway dengan centang Allow Remote Request di apply ,ok.
  8. Kemudian buat NAT baru menggunakan menu IP ,Firewall ke menu NAT,tambahkan kemudian out interface-nya ethernet1-modem action-nya di ganti masquerade di apply ,ok.

Konfigurasi Untuk Wifi
  1. Sebelum masuk ke Hotspot Wireless di share terlebih dahulu dengan klick menu wareless,  klick pada wlan1-hotspot berikan SSID-nya (terserah kalian apa namanya) misalnya GP-Net, security profile tidak usah di pakai, security profile akan di gunakan untuk hotspot profilemode-nya di ganti ap bridge yang di gunakan untuk sharing di apply ,ok.
  2. Kemudian klick menu IP ,Hotspot kemudian klick hotspot setup interfacenya di ganti dengan wlan1-hotspot di next, karena masquerade udah di buat maka di hapus centang Masquerade Network di next terus sampai ke DNS Name untuk pemberian nama DNS, contoh GP-Net usahakan nama yang di gunakan tidak ada di internet lain kemudian next, setelah itu akan ada pemberian user sama password pada hotspot silahkan di isi, contohnya user : admin, password : admin, di next selesai.
  3. Untuk memanajemen bandwith hotspot ke User Hotspot, dengan menggunakan User Profile dengan menggunakan kelompok” user tersebut. Tambahkan kelompok siswa akan di berikan Rate Limit 128k/128k (artinya 128 kb upload dan 128 kb download. Share Users di situ artinya bahwa 1 user dan 1 password hanya bisa di gunakan 1 komputer dalam artian connect secara bersamaan di apply ,ok. Kita juga bisa membuat profile baru misalanya tata-usaha dengan Rate Limit 200k/200k di apply ,ok.
  4. Setelah itu buat usernya ke User tambahkan kemudian di isi, misalnya name : Ogy , password : ogy12345, Ogy di sini adalah siswa maka profilenya di ganti siswa di apply ,ok. Tambahkan lagi jika ingin ditambahkan.
  5. Untuk pengujian bisa langsung lakukan scaning, sebelum itu pastikan computer kita tidak terkonesi dengan LAN. Setelah discan cari wifi atau SSID tadi, misalnya tadi GP-Net klick Connect, setelah itu buka internetnya kemudian loggin menggunakan user yang sudah di daftarkan tadi. Jika kita ingin melihat siapa saja yang active bisa di lihat kembali di dalam winbox pada menu IP ,Hotspot ke menu Active di situ akan terlihat siapa yang active.




No comments:

Post a Comment

Melakukan Konfigurasi Web Proxy Di Mikrotik Asslamualaikum wr, wb. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial “Konf...